Selamat Datang Di Web Resmi Pemerintah Desa Cisolok Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi Saat ini informasi yang disajikan masih dalam proses input oleh operator kami, sehingga bukan menjadi patokan data sebenarnya Ingat Pesan Ibu 3M, Memakai Masker, Mencuci Tangan Dengan Sabun / Hand Sanitizer, Menjaga Jarak / Menghindari Kerumunan.  

Sambutan Kepala Desa Cisolok

Administrator | 11 Januari 2021 21:19:27 | 6 Kali

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera bagi kita semua

Kepada masyarakat Desa Cisolok yang saya muliakan. Pada kesempatan yang berbahagia ini, kiranya tiada kata – kata yang patut untuk kita ucapkan terlebih dahulu melainkan puji syukur yang sedalam – dalamnya, atas rahmat dan karunia Allah SWT sehingga pembuatan website Desa Cisolok dapat terlaksana dengan baik.

Kemajuan Internet di Era seperti saat ini telah menjadi momok yang menarik di setiap instansi dalam mempromosikan jasa, layanan, termasuk berbagi informasi sebuah instansi. Desa misalnya, dengan perkembangan zaman yang sangat cepat, membuat kita harus tanggap dan cepat dalam berinovasi merespon perubahan dan kemajuan yang terjadi di sekitar kita.

Apalagi kita ketahui bersama bahwa desa memiliki peran yang cukup penting untuk mendorong masyarakatnya berinovasi baik dari sisi ekonomi, pemberdayaan masyarakat, dan lingkungan hingga teknologi untuk mempermudah kehidupan termasuk aktivitas kerja masyarakat desa supaya menjadi lebih efisien. 

Oleh karenanya membangun dan membuat website desa adalah salah satu inovasi mengikuti perkembangan zaman yang dapat dimanfaatkan oleh pemerintah desa dalam mempromosikan keunikan desa, membagikan informasi layanan ke publik dan masyarakat melalui internet, dan masih banyak lagi.

Adapun Fungsi dan Manfaat Website Desa

  1. Website Desa untuk Pelayanan Publik

Pelayanan publik merupakan bagian dari amanat untuk setiap fungsi pemerintahan di negara Indonesia, termasuk ke tingkat desa sekalipun. UUD 1945 hingga seluruh peraturan turunannya merupakan aturan yang menegaskan kewajiban negara melayani setiap warga dalam pemenuhan hak dan kebutuhan dasar dalam kerangka pelayanan publik. 

Sehingganya pelayanan publik bagi desa maupun instansi pemerintah lainnya adalah sebuah bentuk tanggung jawab dari pemerintah dalam memberikan keterbukaan informasi dan layanan kepada masyarakat atau umum. Desa misalnya melalui website desa oleh pemdes, website dapat dijadikan sebagai fungsi media pelayanan publik, diantaranya: 

  1. Pelayanan Administrasi : Olah Data dan Dokumen 
  2. Pengelola Pengaduan Masyarakat: Formulir Online Pengaduan: SMS Gateway, media komunitas, buku tamu, dll. 
  3. Pengelolaan Informasi 
  4. Penyuluhan Kepada Masyarakat 

Oleh karenanya sebagai pelayanan publik, website desa dapat dimanfaatkan sebagai media pelayanan publik berbasis online dan resmi dimiliki desa serta dikembangkan dan dikelola oleh tim desa setempat. Sehingganya dengan pemanfaatan website desa, penyelenggaraan dan pelayanan publik dapat dilakukan secara cepat dan mudah.

 

  1. Website Desa untuk Manajemen Informasi

Selain sebagai layanan publik ke masyarakat, website desa pun dapat difungsikan sebagai manajemen informasi yang dapat diakses secara online. Dimana dalam pengoperasiannya desa menggunakan website sebagai media informasi yang meliputi profil desa, berita desa, galeri desa, dan statistik desa. Untuk tujuan menciptakan transparansi kepemerintahan desa.

  1. Profil Desa, Pemdes setempat dapat menggunakan website sebagai media informasi profil untuk memperkenalkan desa, misalnya melalui: sejarah desa, wilayah desa, masyarakat desa: bentuk mata pencaharian dan pekerjaan masyarakat, dll.
  2. Berita Desa, dalam pengelolaannya desa pun bisa membangun informasi berupa berita kepada masyarakat, tentang hal-hal yang terjadi di masyarakat, termasuk kegiatan program dan layanan sosialisasi yang pernah dilakukan pemerintah desa. 
  3. Galeri Desa, dengan memanfaatkan Galeri Desa, desa secara mandiri dapat mengunggah foto maupun video tentang desa. Misalnya: Kegiatan Desa, Peta Wilayah desa, kerja bakti, rapat pemerintah, dan berbagai kegiatan lain yang dikerjakan dan dijalankan oleh pemdes setempat. 
  4. Statistik Desa, sebagai bentuk transparansi pemerintah desa dalam memenuhi tanggung jawab kepada masyarakat dengan memberikan informasi statistik. Misalnya: transparansi Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes), Statistik dan Pendidikan warga, serta berbagi informasi penting lainnya. 
  5. Website Desa untuk Mempromosikan Desa

Tidak kalah pentingnya sebagai layanan publik dan transparansi program kerja. Website desa dapat difungsikan sebagai media untuk mempromosikan desa menjadi poin penting untuk diterapkan desa. Di negara kita Indonesia, masalah pemerataan pembangunan masih menjadi masalah serius. Ini dikarenakan dana dari pemerintah yang dialokasikan terkadang menjadi tidak tepat sasaran yang berimbas pada tidak maksimalnya pembangunan dan layanan pemerintah desa yang tidak dapat terselesaikan dengan baik. 

Oleh karenanya melalui website desa, pemerintah desa dapat memberikan informasi, tidak hanya kepada pemerintah tetapi juga kepada masyarakat umum tentang kondisi desa. Termasuk kelebihan dan kekurangan yang dimiliki desa.  Selain itu, melalui media website desa, pemerintah desa dapat mempromosikan keunikan apa saja yang terdapat di desa tersebut. Baik potensi alamnya maupun sumber daya manusianya. Misalnya: objek wisata, keunikan budaya, produk kerajinan masyarakat, UKM dan hal-hal unik lainnya yang ada di desa. 

Dengan berpromosi seperti ini, desa memiliki peluang dalam meningkatkan kesejahteraan bagi desa dan masyarakatnya. Oleh karenanya dengan adanya website desa dan dikelola dengan baik oleh pemdes sebagai media dan layanan publik kepada masyarakat berbasis online, secara tidak langsung akan mengangkat citra dan profesionalisme desa yang selain memberikan kemudahan layanan juga membantu aparat desa lebih efisien dalam memanajemen data dan informasi desa. 

Saya sebagai Kepala Desa Cisolok di sini tentu merasa berbahagia dan terima kasih atas dukungan dari semua pihak, utamanya dari Perangkat Desa Cisolok yang telah berpartisipasi dalam pembuatan website ini dan semoga bermanfaat. Tentu saja sebagai Kepala Desa Cisolok, kami mengajak kepada masyarakat Desa Cisolok untuk ikut pula berpartisipasi menyumbangkan ide, kreasi dan informasinya agar dapatnya website ini menarik minat pembaca dan menunjang kami untuk memperkenalkan potensi – potensi yang ada di Desa Cisolok kepada daerah lain.

Akhirnya, kepada semua pihak yang terlibat, kami sampaikan terima kasih yang sedalam – dalamnya, semoga kerjasama kita semua membuahkan hasil yang lebih baik.

Demikian, sambutan yang perlu saya sampaikan. Saya selaku Kepala Desa Cisolok berterima kasih atas segala perhatiannya dan mohon maaf atas segala kelebihan dan kekurangan.

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepala Desa Cisolok

 

TTD

 

HENDI SUNARDI

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Kepala Desa


HENDI SUNARDI
Kepala Desa Cisolok
Baca Sambutan

Aparatur Desa

Back Next

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Cisolok KM. 1
Desa : Cisolok
Kecamatan : Cisolok
Kabupaten : Sukabumi
Kodepos : 43366
Telepon :
Email : info@cisolok.desa.id

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung